Perbedaan Sales dan Marketing

  • Perbedaan Sales dan Marketing


'Marketing' dan 'Sales' saling terkait erat dan ditujukan untuk meningkatkan pendapatan. Seiring penjualan dan pemasaran saling terkait erat, menjadi sulit untuk menyadari perbedaan antara keduanya. Di perusahaan kecil, orang tidak dapat menemukan banyak perbedaan antara 'Marketing' dan 'Sales'. Tetapi perusahaan yang lebih besar telah membedakan antara 'Marketing' dan 'Sales' dengan jelas dan mereka memiliki orang-orang khusus yang menangani mereka secara independen.
Terus bagaimana cara membedakan Sales dan Marketing? Dengan kata-kata yang sangat sederhana, Sales dapat disebut sebagai proses yang berfokus atau menargetkan individu atau kelompok kecil. Marketing di sisi lain menargetkan kelompok yang lebih besar atau masyarakat umum.
Marketing meliputi penelitian (identifikasi kebutuhan pelanggan), pengembangan produk (menghasilkan produk inovatif) dan mempromosikan produk (melalui iklan) dan menciptakan kesadaran akan produk di kalangan konsumen. Seperti pemasaran berarti menghasilkan prospek. Begitu produk habis dipasarkan, tugas penjual adalah membujuk pelanggan untuk membeli produk
Sales berarti mengubah prospek atau prospek menjadi pembelian dan pesanan.
Sementara Marketing ditujukan untuk jangka panjang, Sales berkaitan dengan tujuan yang lebih pendek. Marketing melibatkan proses yang lebih lama untuk membangun sebuah nama untuk sebuah merek dan mengejar pelanggan untuk membelinya bahkan jika mereka tidak membutuhkannya. Dimana Sales hanya melibatkan proses jangka pendek untuk mengetahui target konsumen.
Secara konsep juga, Sales dan Marketing memiliki banyak perbedaan. Sales  hanya berfokus pada konversi permintaan konsumen yang sesuai dengan produk. Tapi target pemasaran memenuhi kebutuhan konsumen. Marketing bisa disebut sebagai footboard untuk penjualan. Ini mempersiapkan dasar bagi orang Sales untuk mendekati konsumen. Pemasaran seperti itu tidak langsung dan menggunakan berbagai metode seperti iklan, pemasaran merek, hubungan masyarakat, surat langsung dan pemasaran viral untuk menciptakan kesadaran akan produk. Sales benar-benar interaksi interpersonal. Sales melibatkan pertemuan satu lawan satu, jaringan dan panggilan.
Perbedaan lain yang terlihat antara Marketing dan Sales adalah bahwa yang pertama melibatkan analisis mikro dan makro yang berfokus pada niat strategis. Di sisi lain, Sales berkaitan dengan tantangan dan hubungan dengan pelanggan.
Ringkasan
1. target Sales terletak pada individu atau kelompok kecil sedangkan Marketing menargetkan kelompok yang lebih besar dari masyarakat umum.
2. Marketing berarti menghasilkan pengarahan atau prospek. Sales berarti mengubah prospek atau prospek menjadi pembelian dan pesanan.
3. Marketing melibatkan proses yang lebih lama untuk membangun sebuah nama untuk sebuah merek dan mengejar pelanggan untuk membelinya bahkan jika mereka tidak membutuhkannya. Dimana Sales hanya melibatkan jangka pendek untuk menemukan konsumen sasaran.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment