Perbedaan Traditional literature dan Modern Fantasy

Perbedaan Traditional Lterature dan Modern Fantasy

Dalam menggunakan istilah "tradisional" dan "modern," perlu dicatat bahwa keduanya tidak saling eksklusif atau terikat hanya pada tanggal terbit. Dalam literatur dari abad ke belakang kita selalu dapat menemukan hal-hal yang tampaknya luar biasa "modern," dan sebagian besar literatur yang baru diterbitkan masih jauh lebih "tradisional" (setidaknya dalam hal struktur dan materi pelajaran)

Saya rasa Anda juga akan menemukan banyak poin divergensi dalam jawaban yang ditawarkan. Satu kesamaan antara kedua visi sastra adalah bahwa keduanya berusaha untuk mengartikulasikan keadaan sulit manusia. Tolstoy pernah mengatakan bahwa "Semua literatur berusaha menjawab dua pertanyaan mendasar: Siapakah kita dan Bagaimana kita hidup?" Kedua kekuatan pendorong ini hadir dalam literatur modern dan tradisional.

Titik kritis lain dari perbandingan dalam kedua bentuk sastra adalah penyelidikan tindakan manusia dan kompleksitas yang ada di dalamnya. Literatur yang benar-benar hebat dari periode waktu tertentu menawarkan pandangan yang rumit tentang tindakan manusia dan banyak faktor yang memulainya.

Saya akan mengatakan bahwa satu perbedaan utama antara sastra modern dan tradisional adalah, modern fantasy lebih inklusif dalam hal representasinya. Sastra telah diperluas untuk mencakup suara yang berbeda dari berbagai narasi dan pengalaman di lingkungan modern.

Pada saat yang sama, sastra modern memiliki lebih banyak kekuatan antar-tekstual yang memberikan inspirasi daripada literatur tradisional.

Tradisional Literature cenderung elitis (ditulis dengan sangat sedikit). Literatur modern cenderung sedikit lebih inklusif dan lebih representatif dari keragaman pengalaman manusia.

Tradisional Literature cenderung mengikuti konvensi yang ditetapkan (bahkan ketika kadang-kadang memparodikan konvensi tersebut), seperti epik atau soneta. Literatur modern kadang-kadang mencampuradukkan konvensi dengan cara yang sangat tak terduga, berjuang bukan untuk harmoni dan kesatuan tapi untuk disonansi dan perpecahan.

Tapi mana yang lebih baik, modern fantasy atau Traditional Literature?  Masih bingung Apa bedanya?

Traditional Literature

Apa yang terlintas dalam pikiran saat Anda mendengar " tradisional literature"? Mungkin Lord of the Rings. Mengapa? Karena J.R.R. Tolkien telah disebut "bapak fantasi modern" (yang berarti fantasinya secara teknis sudah tua, tapi hanya membuka jalan untuk fantasi modern).

Lord of the Rings adalah salah satu cerita pertama yang memiliki dunia yang benar-benar unik, dunia dengan sejarahnya sendiri, beragam budaya, ras, rahasia, dll. Bahkan jika Anda bukan penggemar Tolkien, Anda harus menghargai kebesaran belaka dan luasnya Bumi Tengah. Sampai hari ini, semua karya Tolkien belum terbaca dan diterbitkan ... sebuah pekerjaan yang telah diturunkan kepada putra Tolkien, Christopher Tolkien. Sungguh luar biasa bahwa seorang pria tua bisa memiliki imajinasi yang gila tapi fantastis!

Seperti yang terlihat oleh gambar yang saya gunakan, orang menjadi gila bagi dunia yang diciptakan Tolkien. Sesuatu yang menurut saya banyak orang terkesan oleh seberapa baik Tolkien kontras terang dan gelap, kekuatan Good dan Evil, tanpa menyuarakan berkhotbah atau melapisi gula apapun. Meskipun, menurut pendapat saya, buku-buku itu sendiri tidak ditulis dengan fantastis, CERITA-CINTA dari Middle Earth fantastis dan indah.

Oke, yeah ya, Tolkien hebat. Tapi apa yang unik dari literaturnya, memberinya judul "tradisional literature"?

Nah, seperti banyak cerita lama (klasik), Lord of the Rings ditulis dengan sense of the True, the Good, and the Beautiful. Menurut orang Yunani Kuno, khususnya para filsuf, seni dimaksudkan untuk mencerminkan Yang Benar, Yang Baik, dan Yang Indah.

Karya seni harus mengungkapkan kepada para pemirsa Kebenaran ... sehingga orang-orang bisa mengerti Kebaikan ... dan, dalam melakukan yang Baik, mereka bisa mendapatkan apa yang Indah.

Bukankah itu mengagumkan?

Dan Lord of the Rings melakukan ini dengan mengadu "baik" versus "jahat" satu sama lain, dengan menunjukkan betapa indahnya Cahaya terhadap Kegelapan, dengan menciptakan pahlawan dan cerita yang benar-benar memberdayakan orang-orang yang menyaksikan dan membacanya.

Inilah yang membuat fantasi tradisional unik dan berharga. The Lord of the Rings, The Chronicles of Narnia, The Once and Future King, dan Anda akan tahu apa yang saya bicarakan. Dari cerita inilah kita mendapatkan gagasan tentang fantasi, dan, dalam terang Yang Benar, Baik, dan Cantik, fantasi apa yang dimaksud.

Modern Fantasy

Fantasi modern keduanya memiliki dan tidak memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki fantasi tradisional. Misalnya, fantasi modern sangat menghibur. Ambil Mistborn oleh Brandon Sanderson (kadang-kadang disebut Tolkien Modern), atau Instrumen Mortal oleh Cassandra Clare, dan Anda akan mendapati bahwa buku-buku ini sangat menghibur. Biasanya, mondar-mandir jauh lebih cepat.

Beberapa hal bagus mengenai buku-buku ini adalah bahwa karakternya lebih dapat diulang. Mereka memiliki kekurangan. Bukan berarti karakter di LOTR tidak memiliki kekurangan, hanya saja karakternya tidak "turun ke bumi". Mereka tidak berjuang sama banyak, atau kekurangan mereka tidak tampak jelas atau manusiawi.

Bandingkan dengan pahlawan Mistborn atau The Mortal Instruments. Karakter ini lebih turun ke bumi. Mereka memiliki masalah hubungan, masalah identitas. Hal-hal yang orang perjuangkan dengan sehari-hari. Ini bagus; Ini membantu orang terhubung dengan lebih baik dengan karakter yang mereka baca, bahkan bisa membantu mereka mengatasi masalah yang serupa.

Namun, dari apa yang saya baca, apa cerita fantasi modern tidak ada (kadang kala)?

Yang Benar, Yang Baik, dan Yang Indah.

Terkadang, saya mendapatkan pengertian bahwa penulis mencoba untuk membenarkan masalah mereka sendiri melalui karakter mereka dengan membiarkan karakter menjadi heroik meskipun tidak benar-benar Benar atau Baik. Hal ini bisa mengaburkan sebuah cerita menjadi indah.

Ini bukan hanya fantasi; Lihatlah di sekitar Anda. Standar tidak terlalu tinggi lagi untuk "pahlawan". Mereka bisa menjatuhkan seseorang tanpa berpikir, mencuri, dan bertindak untuk membalas dendam dan masih diarak. Siapa yang peduli jika mereka tidur, mencium tiga anak laki-laki yang berbeda, dll?

Ada juga kekurangan kedalaman penulisan, seolah-olah Fantasi Modern tidak melakukan apapun untuk menantang pembaca untuk memikirkan pertanyaan besar hidup. "apa artinya menjadi manusia?" "Apa yang benar-benar jahat dan benar-benar bagus?", Dll. Ini hanya tentang "apa yang terjadi dengan karakter ini, pilihan yang dia buat, dll". Dan kemudian kita ditinggalkan dengan perasaan tidak yakin apa yang benar atau salah, atau bahkan percaya (salah) bahwa tidak ada yang benar atau salah.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment